Sabtu, 14 Mei 2011

Membuat Tattoo temporer sendiri "Making Your Own Temporary Tattoo"



Tau kan tato temporer, kalo di Jogja yang aku tau adanya di pinggir-pinggir jalan Malioboro. Tato temporer biasanya cuma bertahan 2 minggu sampe satu bulan, kalo mau tahan lebih dari itu mending gak usah mandi.
hehe.... ;P


Biayanya kalo di Malioboro biasanya berkisar 5000-an ke atas, tergantung ukuran, kalo yang 5000 ukurannya sekitar 5 cm-an dan motifnya pun sudah disediakan oleh penjual, tinggal pilih di albumnya.

Nah... disini saya mau sedikit berbagi buat temen-temen yang suka tato-tatoan temporer tapi mau bikin sendiri dengan motif yang lebih bervariasi dan ukuran sesuka hati.

Sebenarnya ini bermula dari pertanyaan-pertanyaan dan keinginan membuat tato tapi gak permanen kayak yang ada di Malioboro, bermula dari bertanya kesana kemari tentang bahan yang digunakan dan keisengan untuk mencoba serta meminimalkan uang yang dikeluarkan, meskipun kalu belum mahir membuat pada awalnya pasti hasilnya gak sebagus buatan mas-mas yang menawarkan jasa tato temporer di jalanan.

Bahan Membuat Tattoo Temporer sebagai berikut:
1.Pena Boxy
---> cari di toko alat tulis atau tempat fotocopy
--->  buat menjiplak gambar ke kertas alkir


2.Spidol kecil
--->  cari di tempat yang sama dengan pena boxy
---> buat memperjelas mall/cetakan gambar yang ada di badan


3. Kertas alkir
---> kertas gambar yang biasa di pakek anak arsitek
---> agak buram2 - transparan
---> kayang ada lilinya kalo dipegang)
---> buat mall/ cetak gambar yang akan di tato ke badan


4. Tinta
---> untuk tato temporer
---> lebih bagus pakek tinta cina
---> tapi karena gak ketemu tuh tinta cina, kami akhirnya pakek tanco/cat rambut bubuk warna hitam


5. Lidi
---> atau biting atau apalah namanya, yang penting bisa buat gambarin badan
---> matahin sapu lidinya tetangga juga boleh
---> bisa juga pakek tusuk gigi
---> buat melukis di badan sesuai dengan gambar cetakan


6. Handbody/body lotion
---> cari di toko-toko terdekat
---> buat melembabkan badan yang akan di cetak gambarnya

7. Temen
---> terserah mau cari dimana
---> buat gambarin badan untuk bagian2 yang tak terjangkau (emangnya bisa gambar sendiri???)


Langkah Pengerjaan
1. Cari gambar di website
---> tanya mbah gugel aja
---> biasanya yang paling gampang pakek kata kunci "triball"

2. Print gambar di kertas
---> terserah warna dan ukurannya, cuma buat disalin/jiplak doang
---> untuk awal coba yang kecil aja dulu

3. Ambil kertas alkir
---> salin gambar yang sudah di-print menggunakan pena boxy
---> biar gak geser-geser tuh kertas alkir, bisa di streples atau dijepit, terserah, yang penting gambarnya jadi
---> gambarnya di sisi halus dari kertas alkir, kalo kebalik nanti gak nempel di badan

4. Tebalkan pinggiran gambar pada kertas alkir
---> menggunakan pena boxy
---> tujuannya biar jelas waktu di tempelin ke badan


 



5. Ambil body lotion
---> luluri di bagian yang akan digambar
---> tujuannya untuk melembabkan kulit (sudah jelas banget tuh)
---> kalo gak lembab, nanti gambarnya gak tercetak di badan

6. Tempelin kertas alkir
---> tempelin bagian sisi halus kertas alkir ke badan
---> gosok-gosok kayak nge-gosok undian berhadiah pakek tangan pada bagian kertas alkir, biar gambarnya nempel
---> angkat kertas alkir

7. Ambil spidol
---> tebali gambar pada badan
---> pakek spidol, biar jelas gambarnya

8. Ambil tinta/cat bubuk
---> masuki ke wadah
---> cairkan pakek air panas, kalo air dingin ntar jelek jadinya, tinta akan menggumpal tidak encer
---> aduk-aduk deh sampe encer
---> jangan terlau encer, ntar pas dipakek'in ke badan tintanya ngeluber kemana-mana, hancur deh tatonya

9. Tes ke-enceran tinta
---> pakek lidi/tusuk gigi
---> celupin tusuk gigi ke tinta yang sudah encer
---> angkat tusuk gigi, kalo tintanya gak menetes, berarti tinta sudah ideal buat men-tattoo

10. Tattoo - an
---> beberkan tato di badan mengikuti gambar yang tercetak
---> dimulai dari yang terdalam biar tangan ada tumpuan untuk men-tattoo bagian lain





11. Tahap pengeringan
---> angin-angin-in tuh badan, awas masuk angin
---> tanda kalau udah kering ketika bagian yang di tattoo mengelupas
---> diamkan beberapa saat sampe benar-benar mengelupas
---> kalo gak sabar ya dikelupas sendiri aja

udah segitu aja tipsnya buat tato - tattoo an

~ Selamat Mencoba ~

Foto Hasil Percobaan Tattoo Temporer





NB :
- Hati-hati buat yang alergi, tes di punggung tangan atau di belakang telinga terlebih dahulu
- jangan mandi di pemandian airpanas/belerang selama masih ada tato, 
- kalo tato  di punggung sebaikya pada posisi tiduran, enak bagi yang men-tattoo, pegel bagi yang di tattoo

48 komentar:

  1. bos ko tinta di aklirnya nga nempel di kulit ni?

    BalasHapus
  2. pake lotion dulu baru di tempelin ke badan kertasnya, di gosok2
    ntar keliatan agak tipis gambarnya, tebelin lagi pake spidol/pena

    BalasHapus
  3. Thanks gan atas inpo nya...

    BalasHapus
  4. Kalo ganti kertas minyak boleh bro?

    BalasHapus
  5. langsung adja di print di kertas HVS tipis...
    jangan lupa gambar di jadikan MIRROR,,,,
    trus kasih lotion pada tubh yang ingin di tatto,,, tempelin dah,,, tunggu bbrpa saat,,,lepas kertas HVS tipis tadi,, dann tarraaaaa jadi deh,,,,,

    BalasHapus
  6. maapin..gan.sebaiknya jagan gunakan lotion tapi gunakan pixy stick deodorant aroma apa aja.....
    kalo pake cat bubuk sebaiknya gunakan dlm waktu 20menit setelah diseduh ,kalo lebih dari itu adonan cat ga' akan tebel nempelnya, jadi jangan banyak-banyak dulu bikin adonan catnya.........
    coba juga dengan tehnik airbrush, biar efek 3d nya muncul supaya motip tato nya ga'tribal mulu..... selamat mencoba

    BalasHapus
  7. uda pake kertas kalkir tapi gambar nya mala gamuncul padahal uda di gosok2 loh :| gimana dong ???

    BalasHapus
  8. makasi info nya
    info anda sangat berarti bagi saya ^^

    karena saya pecinta tatto


    salam tatto ^^

    BalasHapus
  9. gan, klo beli kertas alkir kira2 dmn yaa?? maap gan kaga tau siih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Toko2 buku gan,jangan sampe Ditoko sembako,ga ada..hehehe..

      Hapus
  10. beli kertas kalkirnya di toko alat tulis gan
    misalnya gramedia

    BalasHapus
  11. gan,selain tancho bisa pake pewarna rambut merk apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. belum pernah nyoba pake yang lain gan

      Hapus
  12. mas Bro.. mau tnya nih. kalu pena boxi diganti dengan pena tinta dg merek lain gimana , bisa gak ? cont. dg pena kenko / pena debbos ? coz agak murahan gitu harganya..

    BalasHapus
  13. oh ya mas, kalu kita gak pake mall langsung gambar gitu kira2 gmn ? jadi apa harus make lotion dulu sebelum gambar di body atau langsung aja gambar di body pake tinta. ?
    dan bagaimana dengan warna lain, apa ada merek tanco yg bewarna merah, kining, biru ? coz mau buat tato yg gk cuman warna hitam aja. thanks...
    Salam sukses !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar langsung saja mas bro, kalo saya gak begitu mahir gambar jadi pake mal, setau saya warnanya cuma hitam :D

      Hapus
  14. Beli tanconya dmn ya gan? Terus pas beli kita bilang aja tanco gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di toko cat rambut
      bisa bilang tanco atau cat rambut bubuk

      Hapus
  15. gan bisa pake kertas apa lagi??selain kertas alkir..masih lom paham nihhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting bisa dijadiin mall, gambar langsung di badan juga boleh

      Hapus
  16. Balasan
    1. kalo tentang itu saya nggak tau sah apa enggaknya dipake SHALAT

      Hapus
  17. jangan warna hitam doank napa??berwarna...maksudnya.kalo dipunggung enaknya luluran dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha... warnain pake krayon om :D

      aku taunya cuma tanco item yang ada, ntar deh aku tanyain sama pembuat tato temporer pinggir jalan :)

      Hapus
  18. Gan nanya donk, untuk pulpen yg bagus merk nya apa ya ?
    yang bisa buat gradasi dan yang cepet kering

    BalasHapus
  19. wuihhh.. thanks bang. gue udh nyoba dan berhasil

    BalasHapus
  20. Pake tiner juga bisa buat pengganti handbody, tapi harus di fotocopy dulu kertas gambar tattonya untuk jiplak ke kulit pake tiner langsung. Dan gaharus tanco, pewarna rambuat apa saja bisa. ngegambarnya pake tusuk gigi biar lebih gampang. Pengalaman saya begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan, cara buat ngilangin tatto tancho yg udah jdi gmna????

      Hapus
    2. anda alergi juga seperti saya? hilangkan saja dngan sabun etiap mandi lama kelamaan bakalan hiloang kok :)

      Hapus
  21. Gue tukang tattoo inai bang, yang dua minggu hilang lokasi dimedan, jika berkenan ssilahkan datang ke medan teladan, cara membuat tidak seperti di atas, anda tinggal pilih gambar saya contoh lalu saya ukir pake inai yang sebulan hilang, tanpa menjiplak atau menggunakan spidol dsb.

    BalasHapus
  22. kalo yang udh kena alergi, obat.a apaan gan.,?? Thx

    BalasHapus
  23. bos bisa temporer yang berwarna gak ? seperti asli jarum. thanks

    BalasHapus
  24. Bos saya beli ditoko kertas malah nanya balik kertas alkir itu apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa kalau kata anak arsitek kertas kalkir namanya bos,

      Hapus
  25. Gan mall itu maksudnya apa ya ?

    BalasHapus
  26. gan cra mngetahui alergi ato gknya sma bhan kimia yg mau dbuat tatto gmana

    BalasHapus
  27. Desain yang lagi di gemari saat ini dan semakin banyak di pakai oleh para maniak tato, Tato tribal adalah tato Polinesia yang mempunyai berbagai arti dan makna seperti peringkat, prestasi, status tinggi.dari Desain Tato Tribal itu sendiri . Pecinta tato dan model tato anda bisa dapatkan disini

    BalasHapus
  28. kalo di gosok2 kalo udh jadi bisa cepet ilang apa gak gan?

    BalasHapus
  29. beli tanchonya di mna ya gan di warung ato supermarket ada gak gan?

    BalasHapus
  30. gan kalo pake tinta cina harus dipakein air panas lagi ga?

    BalasHapus